Ubah Rumah Jadi kantor? Baca dulu Tipsnya!

0
840
https://4.bp.blogspot.com/-bWRbauGED6U/VglIWUZcdMI/AAAAAAAABc0/1SV4tu6k0h0/s1600/23.jpg

Bosan menjadi karyawan? Bila Anda merasa cukup siap untuk memulai usaha Anda sendiri, Anda bisa mengubah rumah jadi kantor. Tentunya, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan bila Anda hendak membuat kantor di rumah. Tips- tips di bawah ini perlu Anda perhatikan agar kantor yang Anda buat menjadi efektif untuk digunakan.

Sesuai dengan gaya hidup dan kerja Anda

Bila Anda hendak membuat kantor di rumah Anda, maka Anda memiliki kebebasan untuk membuatnya senyaman mungkin sesuai dengan karakter Anda. Hal ini adalah sebuah keuntungan yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan jika harus bekerja di kantor orang lain, bukan? Oleh karena itu apa salahnya jika Anda mengekspresikan karakter Anda sehingga Anda bisa lebih nyaman ketika bekerja.

Umumnya pemilik rumah lebih memilih membuat ruang kerja yang jauh dari ruang keluarga yang bising. Maka, untuk suasana yang lebih tenang Anda dapat mempergunakan loteng atau ruang bawah tanah menjadi kantor di rumah. Bila Anda ingin bisa bekerja sambil memantau anak-anak maka bekerja di ruang yang lebih terpusat atau terukur mungkin dapat menjadi pilihan Anda. Anda dapat juga mempekerjakan seorang desainer interior untuk membantu Anda merancang ruang kantor di dalam rumah, sehingga hasil yang Anda dapatkan lebih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perencanaan Jangka Panjang

Rancang ruang kantor di rumah Anda agar dapat menjadi investasi jangka panjang. Misalnya, Anda dapat menonjolkan fungsi meja dan kursi kantor yang ergonomis, sehingga memaksimalkan produktivitas dan meminimalkan stres, nyeri sendi dan postur tubuh yang buruk. Selain itu Anda juga dapat memasang pintu yang dapat memberi akses langsung dari luar rumah ke kantor. Anda dapat juga memisahkan satu area khusus untuk pertemuan dan membuat kamar mandi khusus di kantor Anda. Bila biaya membuat kamar mandi terlalu mahal, maka Anda dapat mempergunakan salah satu kamar mandi keluarga untuk penggunaan kantor. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda ketika karyawan Anda semakin banyak.

Kebutuhan Koneksi dan Komunikasi

Umumnya, Anda setidaknya harus memiliki satu saluran telepon khusus untuk kantor Anda. Bila Anda menggunakan internet, mesin fax atau email secara luas, maka mempertimbangkan untuk menambah saluran adalah ide yang baik. Selain itu memiliki saluran telepon terpisah memungkinkan Anda untuk memiliki pesan suara atau penjawab pesan mesin profesional serta memberi Anda pilihan untuk menggunakan call-forwarding jika Anda sesekali bekerja dari lokasi lain.

Bila Anda berencana untuk menambah mesin fotokopi, printer laser dan komputer, maka pertimbangkanlah untuk menambah daya listrik di rumah Anda. Pertimbangkan pula untuk menyewa jasa teknisi listrik untuk membuat perubahan kabel-kabel pada rumah Anda, sehingga perubahan aman dan dirancang untuk Anda gunakan sehari-hari.

Menjaga Profesionalitas

Terkadang bekerja di rumah membuat seseorang lupa untuk tetap bekerja secara profesional. Oleh karena itu, meski Anda bekerja di rumah Anda tetap perlu mengatur jam kerja tertentu dan menjaga kekacauan ekstra dari kantor. Pastikan pula komputer Anda tidak terbuka untuk penggunaan keluarga. Selain itu hindari pula menginstal permainan dan hiburan lainnya pada komputer kerja Anda. hal ini akan membuat Anda sulit untuk menyelesaikan proyek.

Bagaimana, apa Anda siap membuat kantor di rumah? Bila Anda merasa sekarang adalah saat yang tepat untuk memulai bekerja di rumah jangan lupa untuk memperhatikan 4 hal di atas. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here