Tips Menjual Rumah KPR

0
429
http://www.popeti.com/berita/wp-content/uploads/2013/10/5.Tata-Cara-Pengajuan-KPR-Rumah-Bekas1.jpg

Dikarenakan beberapa hal, terkadang seseorang akan menjual rumah sebagai solusi dari permasalahannya. Hal ini tentu sah-sah saja, namun yang menjadi masalah adalah ketika rumah yang akan Anda jual ternyata cicilan-nya belum lunas. Lalu bagaimana caranya agar pembeli tertarik membeli rumah yang cicilan-nya belum lunas? Terlebih lagi Sertifikat Hak Milik (SHM) rumah tersebut masih dipegang oleh bank sebagai jaminan. Berikut adalah sedikit gambaran mengenai proses jual rumah yang masih KPR.

1.) Hitung Sisa Tagihan KPR di Bank

Rumah KPR yang belum lunas tentunya memiliki sisa cicilan yang harus dibayarkan setiap bulannya. Oleh karenanya, Anda harus menghitung berapa sisa tagihan KPR yang masih tersisa di bank. Dengan demikian Anda dapat mengetahui jumlah kewajiban KPR yang harus dilunasi ke bank. Anda juga dapat mengontak bank pemberi KPR untuk memastikan jumlah hitungan KPR Anda sudah tepat.

2.) Nilai Uang atas Nilai Rumah

Nilai harga rumah Anda akan berbeda, dulu hingga keadaan saat ini, dari perbedaan nilai inilah Anda akan menentukan harga jual yang pantas untuk rumah KPR yang akan kamu jual. Calon pembeli dapat memperkirakan berapa jumlah kredit yang akan diberikan oleh pihak bank terkait.

3.) Jelaskan Soal Status Rumah kepada Calon Pembeli

Kejujuran selalu menjadi hal yang terpenting ketika kita hendak berdagang. Oleh karenanya, penting sekali untuk terbuka kepada calon pembeli mengenai status rumah yang masih terikat cicilan KPR dengan pihak bank. Lagipula, untuk apa menutupi status cicilan karena pada akhirnya pembeli akan tahu bahwa sertifikat masih berada di Bank.

4.) Menjual Rumah dengan Over-Kredit

Melakukan over kredit merupakan cara yang paling lumrah dilakukan oleh penjual. Umumnya, terdapat dua cara, yaitu:
a.) Mengambil alih KPR ke bank yang sama, berarti calon pembeli melanjutkan pinjaman di bank yang sama.
b.) Memindahkan KPR ke bank lain, berarti pembeli melanjutkan pinjamannya di bank yang berbeda.

Ketika Anda menggunakan cara over kredit, maka pastikan pembeli menyerahkan uang muka terlebih dahulu dan pastikan Anda sudah mendapatkan keuntungan dari hasil menjual rumah tersebut.

5.) Over Kredit Pembeli Bisa Saja Ditolak Bank

Penting untuk diketahui bahwa ketika mengajukan over kredit, pengajuan KPR oleh calon pembeli bisa saja tidak disetujui oleh bank yang disebabkan oleh berbagai alasan.

Nah, setelah mengetahui sedikit cara menjual rumah yang masih KPR diharapkan Anda dapat menimbang apakah menjual rumah dalam status cicilan KPR masih berjalan adalah keputusan yang tepat, sehingga keputusan yang Anda buat mendatangkan hasil yang baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here