Tips Menata Rumah Agar Lebih Nyaman dan Menarik

0
519
http://3.bp.blogspot.com/-1qP30wAYB7A/Vj_-cu09-AI/AAAAAAAAARU/9vGhWs9El-A/s1600/ocean_inspired_kids_room_furniture.jpg

Pusing dengan rumah yang selalu berantakan? Jangan khawatir, pada artikel kali ini, kami akan menyajikan tips menata rumah. Tentunya, setiap orang ingin rumahnya terlihat rapi dan nyaman, akan tetapi tidak semua orang tahu caranya. Padahal, menata rumah itu penting sekali untuk kenyamanan hidup Anda. Untuk memiliki rumah yang tertata rapi, Anda harus mulai menata dari barang-barangnya dahulu. Berikut beberapa tips yang dapat Anda pelajari.

1. Kumpulkan Semua Barang Sesuai Kategori

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan barang yang ingin Anda rapikan pada suatu tempat. Misalnya, Anda berencana untuk merapikan pakaian Anda, maka keluarkan semua pakaian Anda, baik yang di dalam lemari, laci, tas, atau tempat lainnya di satu tempat, contohnya meja makan, kasur atau sofa. Ketika semua sudah terkumpul, Anda pasti akan takjub akan banyaknya jumlah barang yang terkumpul.

2. Sortir Sesuai Sub Kategori

Setelah semua pakaian terkumpul di suatu tempat, peganglah setiap pakaian yang ada kemudian rasakan apakah Anda membutuhkan barang tersebut dan apakah Anda bahagia memilikinya.
Anda juga dapat memilahnya berdasarkan pemakaian. Apakah Anda masih menggunakan pakaian tersebut dalam setahun terakhir dan akan memakainya lagi kedepannya. Bila Anda telah berkeluarga, tanyakan juga pada anggota keluarga yang lain apakah barang tersebut masih mereka butuhkan dan gunakan.

3. Hibahkan Barang yang Tak Terpakai

Setelah selesai disortir, sekarang saatnya untuk Anda menghibahkan barang yang sekiranya tidak akan terpakai lagi. Berikan barang yang masih layak pakai pada mereka yang membutuhkan. Bila Anda masih merasa berat untuk menghibahkan barang Anda. Anda dapat mengubah mindset Anda. Percayalah bahwa barang tersebut lebih baik dihibahkan agar dapat lebih berguna.

Kemudian, masukkan barang tersebut ke dalam plastik bag lalu segera singkirkan. Tentunya, Anda akan menghemat lebih banyak ruang.

4. Atur Kembali Barang ke Tempatnya Sesuai Kategori

Barang yang telah Anda pilah dan masih Anda butuhkan dapat Anda simpan sesuai dengan kategorinya. Misalnya, letakkan seluruh handuk pada satu tempat, celana-celana pada satu tempat lainnya, dan seterusnya. Anda juga dapat menggunakan stiker nama untuk menandai setiap kategori barang, sehingga memudahkan Anda untuk meletakkan kembali barang tersebut sesudah pemakaian.

Semoga dengan mempraktekkan 4 tips di atas, rumah Anda dapat menjadi lebih terorganisir. Jangan lupa untuk meneruskan dan memelihara kebiasaan baru ini agar tidak kembali pada pola kebiasaan Anda yang lama. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here