Sewa Apartemen di Lantai Atas atau Lantai Dasar?

0
433
https://sg2-cdn.pgimgs.com/developer-listing/1748853/OUPHO.72145519.R1200X1200/Green-Cleosa-Apartment-Tangerang-Indonesia.jpg

Berbeda dari membeli rumah, ketika membeli atau sewa apartemen Anda tidak hanya harus memperhatikan lokasi hunian Anda, namun Anda juga perlu memerhatikan apakah posisi lantai hunian apartemen sudah sesuai dengan kebutuhan Anda. Posisi lantai yang tidak sesuai dengan kebutuhan pemiliknya akan mengurangi kenyaman Anda tinggal di unit tersebut. Untuk mengetahui apakah posisi lantai sudah sesuai kebutuhan, Anda dapat memerhatikan 5 hal berikut ini.

1. Pemandangan

Tiap apartemen memiliki kebijakan yang berbeda mengenai harga unit di setiap lantainya. Sebagian apartemen menawarkan harga unit termahal pada lantai teratas, namun tak sedikit pula yang malah menawarkan harga termahal di lantai tengah.
Selain itu, umumnya unit yang menghadap ke pemandangan kota atau alam memiliki nilai unit yang lebih rendah ketimbang unit yang menghadap kolam renang. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui apakah pemandangan menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan.

2. Mobilitas

Posisi lantai yang juga banyak digemari adalah posisi lantai dasar. Banyak penghuni yang memilih lantai dasar dikarenakan lebih memudahkan mereka untuk melakukan aktivitas sehari-hari karena mereka tidak perlu banyak menghabiskan waktu untuk menunggu lift.

Selain itu lantai dasar juga menjadi pilihan karena faktor keamanan. Mengingat posisi lantai dasar akan memengaruhi kecepatan evakuasi pada situasi darurat, seperti kebakaran, gempa bumi dan sebagainya. Akan tetapi, unit pada lantai dasar biasanya memiliki tingkat kebisingan yang lebih tinggi ketimbang unit pada lantai atas, dikarenakan suara bising jalanan yang berjarak dekat dengan unit.

3. TIngkat kebisingan

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin nomor 3, maka ketinggian lantai pun memengaruhi tingkat kebisingannya. Bila Anda suka suasana yang lebih hening, maka lantai teratas dapat menjadi piihan yang baik. Namun, bila suara jalanan tidak mengganggu Anda, maka tak ada salahnya untuk memilih unit di lantai dasar, terutama bila Anda memiliki anak yang dapat menimbulkan kegaduhan.

4. Keamanan

Terkait dengan masalah keamanan, lantai dasar umumnya lebih rentan terhadap pembobolan. Hal ini dikarenakan jendela atau teras unit Anda mudah dijangkau dan dilihat oleh pihak luar. Oleh karenanya, bila Anda hendak menetap di unit dasar pastikan privasi unit Anda terjaga. Anda dapat menata privasi rumah Anda dengan memasang tirai yang tebal di semua jendela dan pengamanan lebih pada pintu apartemen Anda.

5. Kebersihan

Lantai dasar umumnya lebih mudah terpapar debu jalanan ketimbang lantai atas. Oleh karenanya, jika Anda menginginkan udara yang lebih bersih, maka unit pada lantai atas adalah pilihan yang tepat.

Dengan mengetahui kebutuhan dan keperluan Anda, maka diharapkan tips ini dapat membantu menentukan posisi lantai yang sesuai dengan aktivitas serta kebutuhan Anda. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here