Sebelum Renovasi Rumah, Anda Perlu Tahu ini!

0
26
renovasi rumah
Sumber: Apartementtherapy.com

Sebagai pemilik rumah, Anda berkuasa penuh atas setiap rencana renovasi rumah yang ingin dilakukan. Tentunya, hal tersebut juga termasuk mempertimbangkan aspek waktu, material, hingga anggaran.

Salah satu kunci penting dalam menjaga agar proses renovasi rumah berjalan lancar yaitu menyiapkan perencanaan. Bila Anda belum pernah merenovasi atau membangun rumah baru, mungkin Anda tidak pernah berpikir bagaimana sebuah gagasan pada akhirnya dapat direalisasikan.

Dilansir dari Houzz, setidaknya ada tiga hal yang patut dipertimbangkan sebelum memulai pekerjaan renovasi rumah. Pertama, susunlah tim yang akan bertugas untuk melaksanakan pekerjaan tersebut. Carilah kontraktor yang benar-benar Anda kenal.

Hal ini penting, karena biasanya kontraktor juga memiliki kenalan arsitek dan desain interior yang mungkin pas dengan budget Anda. Beberapa kalangan profesional bahkan bisa menawarkan berbagai layanan. Mulai dari desain awal hingga manajemen proyek.

Jangan ragu untuk mencari kontraktor profesional untuk menangani hunian Anda. Kedua, ketahui tujuan Anda dalam merenovasi rumah. Apakah Anda perlu membongkar seluruh bagian dapur dan mengubah desainnya? Atau apakah perlu merombak bagian ruang tamu untuk kemudian dipisahkan dengan ruang keluarga? Perencanaan tujuan ini akan berpengaruh terhadap seberapa besar anggaran yang perlu Anda siapkan.

Jangan sampai anggaran yang dikeluarkan sudah cukup besar, tetapi hasil yang didapatkan tidak maksimal. Ketiga, pastikan perubahan atas rumah Anda tidak melanggar izin. Setiap pembangunan sebuah rumah, harus mengantongi izin dari pejabat daerah setempat. Izin ini dilengkapi dengan spesifikasi atas rumah Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here