Sebelum Membeli Ruko, Perhatikan 3 Hal Berikut!

0
556
Membeli Ruko
Sumber: http://www.penghuoth.com/en/residential-types/19-shop-house/74-shop-house-a.html

Membeli ruko adalah dambaan bagi sebagian besar orang, terlebih lagi jika Anda adalah seorang pengusaha. Hal ini dikarenakan, ruko memungkinkan Anda untuk memiliki tempat tinggal sekaligus tempat usaha, sehingga tentunya Anda tidak perlu repot pindah dari satu tempat ke tempat lain. Bila Anda tertarik untuk memiliki ruko, ada baiknya Anda mempertimbangkan 3 hal berikut ini:

1.Tentukan untuk Membeli atau Menyewa

Menentukan untuk membeli atau menyewa ruko sebetulnya bergantung pada besarnya anggaran Anda. Bila modal yang Anda miliki cukup besar, tentunya tidak ada salahnya untuk membeli ruko.Terlebih jika Anda memiliki tujuan untuk melakukan ekspansi, maka membeli adalah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan, jika Anda menyewa, makan harga sewa dapat berubah sewaktu-waktu dan mengancam usaha Anda. Akan tetapi, membeli ruko tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya, mengajukan kredit menjadi salah satu jalan keluar terbaik.

2. Lokasi yang Tepat

Sebagian orang menginginkan lokasi yang strategis. Akan tetapi, jauh lebih baik jika Anda mencari lokasi yang tepat ketimbang lokasi yang strategis. Contohnya, Apa gunanya Anda menemukan lokasi yang strategis dimana terdapat calon pembeli akan tetapi lingkungan sekitar daerah tersebut tidaklah aman? Terlebih lagi jika Anda mempunyai anak-anak yang masih kecil. Oleh karena itu, perhatikan lingkungan sosial apakah lingkungan tersebut mendukung usaha Anda.

3. Kondisi Ruko

Kondisi ruko yang dimaksudkan adalah kondisi fisik bangunan, misalnya, apakah harga yang ditawarkan sesuai dengan fasilitas yang Anda dapat. Selain itu penting juga untuk mengetahui apakah kondisi bangunan masih kokoh. Pastikan pula, ruko yang Anda inginkan memiliki kelengkapan surat-surat yang Anda butuhkan, seperti surat-surat (SHM, HGB) dan perijinannya (IMB). Apagila HGBm perhatikan kapan berakhirnya, karena penting untuk menentukan langkah selanjutnya. Tidak ada salahnya di konfirmasi ke instansi terkait. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah membaca 3 tips di atas, Anda tentunya dapat menentukan ruko seperti apa yang harus Anda miliki. Oleh karena itu, bijaklah dalam menentukan pilihan, sehingga ruko yang Anda pilih dapat menghasilkan keuntungan yang baik bagi usaha Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here