Pilih Investasi Emas atau Properti?

0
405
http://sahabatpegadaian.com/sahabatpegadaian/wp-content/uploads/2016/09/Investasi-Emas-atau-Properti-Mana-yang-Lebih-Baik-1.jpg

Banyak dari para investor pemula yang masih bingung, mengenai jenis investasi apa yang dapat mereka pilih. Saat ini terdapat banyak jenis investasi, namun memang terdapat 2 jenis investasi yang sangat populer, yaitu investasi emas dan properti. Keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Apa sajakah kelebihannya?Berikut ulasannya.

Investasi Properti

Kelebihan:

1. Kenaikan Harga yang relatif Tinggi

Sesuai dengan biaya yang Anda keluarkan, harga yang Anda dapatkan dari hasil menjual atau menyewa properti juga tidak sedikit. Selain itu dikarenakan harga properti yang kian melambung membuat investasi di bidang ini sangatlah patut untuk Anda coba. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus melakukan investasi selama minimal 10 tahun.

2. Relatif tidak ada Resiko

Bila pada instrumen investasi lainnya, Anda mungkin memiliki resiko kerugian yang diakibatkan harga jual lebih murah dari harga beli. Namun, pada investasi properti ada kecil sekali kemungkinan hal tersebut akan terjadi, mengingat tingginya kebutuhan masyarakat terhadap hunian yang layak. Selain itu Anda juga tidak perlu khawatir dengan resiko hilang, karena Anda hanya perlu menjaga surat-surat properti Anda, selebihnya Anda tidak perlu khawatir properti Anda akan hilang, hal ini tentunya berbeda dengan emas yang rentan akan pencurian.

3. Bisa Dijaminkan di Bank

Kelebihan lainnya yaitu bank adalah aset produktif sehingga bila Anda membutuhkan pinjaman dari bank untuk membeli rumah lagi, maka rumah yang sekarang dapat Anda jaminkan.

4. Pemasukan Pasif

Yang dimaksud dengan pemasukan pasif ialah Anda tak perlu bekerja untuk mendapatkan uang, cukup dengan menyewakan atau mengontrakan rumah, Anda bisa menghasilkan cashflow tiap bulan atau tiap tahunnya.

Investasi Emas

Kelebihan:

1. Modal Kecil

Bila pada investasi properti Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk membayar DP atau uang muka, maka pada investasi emas Anda dapat mulai berinvestasi dari jumlah berapapun. Terlebih lagi dengan adanya produk menabung emas, kini semua dapat memiliki emas.

2. Mudah Dicairkan

Berbeda dengan properti yang membutuhkan waktu untuk dicairkan menjadi uang, mencairkan emas relatif mudah. Anda cukup pergi ke toko emas untuk menjualnya atau menggadaikannya dua-duanya adalah cara terbaik dalam mencairkan uang dari emas, sehingga sewaktu-waktu Anda membutuhkan dana darurat, Anda tidak perlu pusing mencari dana tambahan.

Setelah membaca kelebihan kedua instrumen investasi di atas, maka kita dapat menarik kesimpulan bahwa modal yang tinggi akan menghasilkan hasil investasi yang tinggi pula, namun jika Anda tidak memiliki modal yang cukup untuk memulai investasi properti, apa salahnya bila Anda menilik investasi emas terlebih dahulu. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here