Sumsel Siapkan LRT dan Venue Asian Games 2018

0
739
Asian Games 2018
Sumber: https://properti.kompas.com/read/2018/05/02/223000021/demi-asian-games-sumsel-siapkan-lrt-dan-venue-terintegrasi

Perhelatan Asian Games 2018 di Indonesia tidak lama lagi. Terhitung sejak hari ini, event akbar olahraga di Benua Asia itu tinggal 107 hari lagi. Ada tiga provinsi yang menjadi tempat penyelenggaraannya, yaitu di Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat (Jabar) dan Sumatera Selatan (Sumsel).

Masing-masing provinsi sudah menyiapkan sarana dan prasarana olahraganya demi kesuksesan ajang tersebut, termasuk di bidang transportasi. Sebagai contoh di Sumatera Selatan, Gubernur Alex Noerdin mengatakan, ada delapan trainset yang disiapkan untuk melayani para peserta di wilayah Palembang dan sekitarnya.

“Saat ini delapan trainset sudah datang dan sedang diuji coba. Ini merupakan Light Rail Transit (LRT) pertama di Indonesia,” ujar Alex Noerdin pada diskusi mengenai persiapan Asian Games 2018, Rabu (2/5/2018) di Jakarta.

Jarak tempuh LRT itu sekitar 23,4 kilometer dan bakal melalui 13 stasiun, empat stasiun di antaranya terdapat mall yang tersambung dengan skybridge. Nantinya akan beroperasi secara penuh pada akhir Juni 2018.

Dia mengharapkan para atlet bisa sampai dalam waktu 10 menit dari tempat menginap ke venue masing-masing. Kalau ada banyak peralatan yang dibawa, bisa diantar menggunakan golf car. Selain itu, Alex menuturkan, venue untuk Asian Games nanti berada dalam kawasan yang terintegrasi dan berstandar internasional.

“Sportcity ini satu-satunya di dunia yang terintegrasi. Luasnya 360 hektar, dengan 20 venue berstandar internasional dan terakreditasi yang terletak di tengah kota,” ucapnya. Di luar dari LRT,  disiapkan pula lima akses transportasi untuk menuju ke kawasan tersebut, terdiri dari satu jalan tol, satu jalan dan satu jembatan baru, serta satu jalan dan jembatan lama.

Info Asian Games lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here