Rencana Pemanfaatan Venue Pasca Asian Games

0
441
Asian Games
Sumber: https://properti.kompas.com/read/2018/05/03/070000421/ini-rencana-pemerintah-manfaatkan-venue-usai-asian-games

Ajang olahraga Asian Games di Indonesia akan berlangsung mulai 18 Agustus sampai 2 September 2018. Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), secara keseluruhan, ada 76 venue yang akan digunakan untuk kompetisi dan latihan, serta 14 non-venue. Pengadaan semua fasilitas tersebut dilakukan tidak hanya untuk menghadapi Asian Games 2018, tetapi juga untuk berbagai event olahraga pada masa mendatang.

Muncul kekhawatiran dan pertanyaan mengenai bagaimana pemanfaatan sarana dan prasarana olahraga itu jika Asian Games sudah selesai.

Menanggapi hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengatakan bahwa ada sejumlah ajang olahraga internasional untuk beberapa tahun ke depan yang akan digelar di Indonesia. “Sebagai contoh pada 2019 ada agenda olahraga hampir setiap bulan di Sumatera Selatan, seperti yang disampaikan Pak Alex Noerdin. Kemudian pada 2023 ada kejuaraan dunia bola basket, Indonesia akan jadi tuan rumah,” ujar Imam Nahrawi dalam suatu diskusi tentang persiapan Asian Games 2018, Rabu (2/5/2018) di Jakarta. Menurut Nahrawi, pemerintah mengimbau ke semua pengurus cabang olahraga untuk membawa event apa pun, baik tingkat regional maupun internasional, agar diselenggarakan di Indonesia.

Dengan demikian, sejumlah venue yang sudah dibangun itu tidak akan menganggur dan selalu bermanfaat. Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin menuturkan, hampir setiap bulan ada event olahraga di Sumsel. “Agenda olahraga untuk tahun 2019 di Sumsel sudah penuh. Ada kejuaraan dunia boling, kejuaraan menembak tingkat Asia Pasifik, dan kejuaraan dunia dayung,” kata Alex Noerdin dalam acara yang sama.

Selain itu, dia mengungkapkan, ada politeknik olahraga yang akan jadi pusat pengembangan olahraga di Indonesia berstandar internasional. Itu artinya, tambah Alex, fasilitas yang sudah dibangun akan selalu bisa dimanfaatkan untuk berbagai perhelatan olahraga.

Mari kita Semarakkan Asian Games demi kesuksesan event olahraga ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here