Mengintip Penataan Desain Rumah Bergaya Skandinavian

0
49
gaya skandinavian

Gaya skandinavian saat ini sedang digemari oleh banyak kalangan saat ini, modelnya yang minimalis tentunya sesuai dengan trend saat ini dan tidak akan pernah bosan untuk dilihat.

Skandinavia merupakan sebuah semenanjung yang terletak di benua Eropa, di area Skandinavia ini terdapat tiga negara yaitu Denmark, Norwegia, dan Swedia. Sehingga desain dengan gaya skandinavia ini merupakan jenis desain yang dipengaruhi oleh kultur di ketiga negara tersebut.

Meskipun gaya skandinavian dan minimalis ini terbilang mirip, namun gaya skandinavian lebih mengutamakan material- material alami, dan gaya minimalis lebih banyak menggunakan bahan- bahan industrial.

Berikut ini merupakan contoh penataan desain dari rumah yang menggunakan konsep skandinavian.

gaya skandinavian 2
Sumber: youtube

Material dari alam

Karena negara- negara yang termasuk kedalam wilayah skandinavia ini dikelilingi oleh hutan pinus dan pohon cemara, material yang digunakan untuk membuat rumah bergaya skandinavia ini juga terbuat dari alam, seperti kayu dan bebatuan.

Meskipun banyak material dari alam pada gaya skandinavian, Anda masih bisa menggabungkannya dengan jenis material lain namun masih tetap senada dengan konsep yang telah dimiliki oleh gaya skandinavian.

gaya skandinavian 3
Sumber: designmarket

Fungsional

Selain penggunaan material dari alam, desain bergaya skandinavia juga menggunakan furnitur yang multifungsi. Masyarakat di daerah Skandinavia sangat mengedepankan fungsional, sehingga hal ini juga diterapkan dalam memilih furnitur pada rumah.

Meskipun gaya skandinavian ini banyak menggunakan furnitur yang multifungsi, namun desain/ motif yang digunakan pada gaya ini tidaklah rumit. Konsep kesederhanaan yang diusung oleh gaya skandinavian ini juga diterapkan pada desain furnitur yang cukup terbilang simple dan tidak memiliki banyak motif yang rumit.

Tak hanya furnitur yang multifungsi, fungsi ruangan pada rumah juga sangat diperhatikan agar penghuni rumah mendapat kenyamanan saat berada di dalam rumah.

gaya skandinavian 4
Sumber: Binus University

Warna yang natural

Kesederhanaan pada rumah bergaya skandinavia juga bisa diterapkan dalam memilih warna ruangan. Ruang dengan warna yang biasa dipakai oleh orang- orang Skandinavia ini adalah warna- warna yang memiliki unsur alam, seperti warna coklat yang mirip seperti warna kayu atau tanah, dan warna abu- abu yang mirip seperti bebatuan.

Warna- warna tersebut selain memiliki unsur alam juga secara visual dapat membuat sebuah ruangan terlihat lebih luas, cerah, dan lebih hidup. Warna- warna inilah yang menjadi daya Tarik utama pada gaya skandinavian.

gaya skandinavian 5
Sumber: roohome

Pencahayaan yang baik

Selain ketiga hal yang telah disebutkan diatas, gaya skandinavian ini juga sangat memperhatikan pencahayaan. Meskipun lebih mengutamakan pencahayaan alami yang didapat dari sinar matahari, namun untuk pencahayaan buatan pada malam hari juga perlu diperhatikan.

Karena wilayah Skandinavia ini memiliki durasi musim dingin yang lebih panjang dari negara- negara lainnya, pencahayaan buatan pada rumah- rumah bergaya Skandinavian ini dibuat menjadi lebih terkesan hangat. Hal ini bisa Anda terapkan dengan menggunakan warna lampu warm white di beberapa bagian pada ruangan yang kemudian dapat Anda kombinasikan dengan warna natural white sebagai pencahayaan umum.

Itulah 4 hal dalam desain interior pada rumah yang bergaya skandinavian. Tentunya Anda sudah tak sabar ingin cepat- cepat mengaplikasikan keempat hal diatas pada rumah Anda bukan?

Nah, jika Anda mengalami kesulitan dalam mengaplikasikan gaya skandinavian pada rumah, Anda dapat berkonsultasi dengan Ahlinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here