Langkah Tepat Menentukan Lokasi Pabrik yang Sesuai

0
909
lokasi pabrik
Sumber: https://2.bp.blogspot.com/-wS2OdaRzdCE/V2cCW07olxI/AAAAAAAAAyY/Lwq1HbbFkc8xdLRL-Xts_WZbO-M-HVdXwCLcB/s1600/2.jpg

Bila Anda hendak memperluas usaha dengan cara menambah produksi, maka membuka pabrik menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, terdapat berbagai hal yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan lokasi pabrik Anda karena hal ini tidak bisa Anda anggap remeh. Pada akhirnya kesuksesan usaha Anda bergantung pada hasil produksi dan hasil produksi selalu dimulai dengan lokasi pabrik yang baik. Maka dari itu, bila Anda hendak membangun pabrik, perhatikan tips berikut sebelum menentukan lokasi pabrik Anda.

1. Lokasi Pasar

Mengetahui lokasi daerah mana yang memiliki potensi pembeli yang tinggi adalah hal terpenting yang perlu Anda ketahui. Namun, jika terdapat lebih dari satu lokasi pasar, maka sebaiknya Anda dapat menentukan lokasi ideal pada titik berat dari posisi pasar. Apabila, lokasi pasar berada pada satu titik tertentu, maka Anda dapat menentukan lokasi pabrik yang mendekati wilayah tersebut.

2. Lokasi Sumber Bahan Baku

Untuk mendirikan pabrik, ada baiknya jika Anda memilih lokasi yang dekat dengan sumber bahan baku. Selain dapat menghemat ongkos transportasi dan distribusi, memang terdapat beberapa pabrik yang mengharuskan bahan baku dekat dengan pabrik. Hal ini agar bahan baku terjaga kesegarannya, seperti pabrik susu segar, atau pabrik jus.

3. Sumber Energi

Sumber energi juga menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Sebagian besar perusahaan membeli energi daripada harus membuat instalasi pembangkit energi.

4. Pekerja dan Tingkat Upah

Tidak dapat dipungkiri bahwa ketersediaan tenaga kerja yang terampil di suatu area menjadi hal perlu Anda pertimbangkan. Dapat Anda bayangkan betapa repotnya jika Anda membuka pabrik di lingkungan yang hanya memiliki sedikit tenaga kerja. Tentunya Anda harus mendatangkan orang dari luar daerah tersebut. Pada akhirnya, hal ini akan berdampak pada besarnya upah pekerja yang harus Anda bayarkan, bukan?

5. Undang-Undang dan Pajak

Setiap daerah memiliki ketentuan pajak yang berbeda-beda. Bahkan terdapat beberapa aspek yang ditentukan oleh undang-undang, seperti jam kerja maksimal, usia kerja maksimal, kondisi kerja, dan besar kecilnya pajak yang harus disetorkan oleh suatu industri.

6. Suplai Air

Dalam memproduksi suatu produk, air menjadi salah satu bahan baku yang pastinya akan Anda butuhkan. Oleh sebab itu, pastikan suplai air di daerah tersebut mencukupi kebutuhan Anda.

Dengan memerhatikan ke enam hal di atas, diharapkan Anda mampu menemukan lokasi pabrik yang strategis dan menguntungkan usaha Anda ke depannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here