Mana Lebih Untung Membeli Apartemen atau Rumah?

0
1153
https://www.carajadikaya.com/wp-content/uploads/2017/04/2015-08-09-120957.jpg

Seiring dengan bertambahnya populasi manusia dan berkurangnya lahan di kota-kota besar, membeli apartemen telah menjadi salah satu alternatif yang cukup populer. Bahkan dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan, daya tarik apartemen pun cukup seimbang dengan rumah. Sehingga, tak heran jika banyak pasangan muda yang kebingungan ketika memilih untuk membeli rumah atau apartemen. Namun, jangan khawatir, dengan mengetahui kelebihan yang ditawarkan, Anda dapat menentukan jenis hunian yang tepat untuk Anda serta masa depan Anda. Berikut kelebihan rumah dan apartemen yang perlu Anda ketahui.

Kelebihan Rumah

  1. Proses Jual Beli Mudah

Meskipun apartemen telah menjadi daya tarik baru bagi sebagian orang, namun daya tarik rumah tidak akan pernah pudar. Hal ini membuat proses jual rumah menjadi lebih mudah. Selain itu Anda dapat menggadaikan sertifikat rumah ketika terdapat kebutuhan yang mendesak.

  1. Beli Rumah juga Lahan

Dengan membeli rumah, Anda juga membeli lahan. Oleh karenanya Anda memiliki surat kepemilikan tanah serta sertifikat IMB yang memungkinkan Anda untuk merubah bentuk bangunan sesuai keinginan Anda. Hal ini tentunya tidak dapat Anda lakukan ketika membeli apartemen, dikarenakan Anda hanya memiliki sertifikat hak guna bangunan.

  1. Investasi Jangka Panjang

Meskipun apartemen juga dapat dijadikan instrumen investasi akan tetapi dalam kurun waktu yang panjang, harga jual apartemen akan menjadi lebih rendah dibandingkan dengan harga jual rumah. Hal ini dikarenakan harga jual tanah yang semakin tinggi.

  1. Tidak ada Larangan Hewan Peliharaan

Umumnya di apartemen terdapat larangan memelihara hewan peliharaan. Apabila, Anda pecinta hewan peliharaan, maka memiliki rumah adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Anda bebas memilihara hewan peliharaan sebanyak yang Anda inginkan asalkan tidak mengganggu lingkungan.

Kelebihan Apartemen

  1. Lokasi yang Strategis

Seringkali lokasi apartemen berada di kota-kota besar dengan lokasi yang strategis dan dekat dengan perkantoran. Hal ini tentunya akan memudahkan Anda untuk menjangkau lokasi kerja secara cepat dan mudah.

  1. Dilengkapi Berbagai Fasilitas

Umumnya, apartemen dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti sport center, kolam renang, salon, klinik, apotek, serta mini market. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan Anda dalam memenuhi kebutuhan Anda sehari-hari. Bahkan beberapa apartemen berada di lahan yang sama dengan mall sehingga Anda dapat dengan mudah mengakses mall tersebut.

  1. Lebih Praktis

Selain dilengkapi dengan beragam fasilitas, tinggal di apartemen juga lebih praktis. Hal ini dikarenakan, Anda tak perlu pusing perihal kebersihan dan pemeliharaan gedung, cukup dengan membayar biaya maintenance, hal tersebut menjadi tanggung jawab pengelola. Namun, bila Anda membeli dengan proses cicilan, maka biaya maintenance atau service charge belum termasuk dalam biaya kredit apartemen.

  1. Harga Relatif Terjangkau

Harga rumah di kota-kota besar dirasakan relatif mahal bagi sebagian orang. Oleh karena itu apartemen hadir sebagai solusi yang tepat bagi mereka yang membutuhkan tempat tinggal di daerah perkotaan dengan harga terjangkau. Hal ini agaknya masuk akal mengingat harga rumah di jakarta dan berbagai kota besar lainnya yang sudah melambung tinggi.

Dengan mengetahui kelebihan rumah serta apartemen, Anda dapat memilih hunian dengan lebih bijak. Tentukan lokasi hunian yang Anda inginkan dan sesuaikan pilihan dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here