Ingin Membeli Rumah? Pastikan Pondasi Rumah Kuat !

0
2608
http://renovasi-rumah.net/wp-content/uploads/2016/12/tips-bangun-rumah-murah-25-juta-4-1024x768.jpg

Dalam hal membangun rumah maupun membeli rumah, kekuatan bangunan menjadi hal penting yang perlu Anda ketahui. Meskipun, Anda telah menyerahkan bangunan rumah Anda pada developer ataupun arsitek Anda, namun Anda juga harus dapat mengecek apakah bangunan sudah dibuat sesuai dengan keinginan Anda, salah satunya adalah apakah pondasi bangunan Anda sudah kokoh. Untuk mengetahui kekokohan pondasi rumah Anda, maka Anda dapat memerhatikan beberapa hal berikut ini.

Mampu Menahan Berbagai Beban

Sebuah rumah yang baik harus mampu menahan berbagai beban di atasnya. Terdapat 2 beban dalam konstruksi bangunan, yaitu beban gempa dan beban angin, total dari keseluruhan beban dinamakan beban konstruksi. Pondasi rumah yang kuat mampu menahan beban-beban tersebut, sehingga jika terjadi angin yang besar ataupun gempa, rumah tersebut tidak mudah roboh.

Bahan dan Rancangan Pondasi Rumah

Secara kasat mata, kita dapat melihat pondasi yang kuat dari bahan dan juga rancangannya. Selain itu pondasi yang kuat juga bergantung pada kondisi tanah serta kedalaman tanah. Oleh karenanya, pastikan tanah di daerah Anda merupakan tanah yang kuat. Bila rumah di bangun di atas tanah yang lembek, mudah rusak atau labil, maka pondasi rumah Anda pun tidak akan kuat. Selain itu jenis bahan bangunan juga berperan penting dalam menentukan kekuatan bangunan.

Menyesuaikan Pondasi dengan karakter Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa karakter tanah sangatlah penting. Bila tanah di daerah Anda tergolong kerasa, maka sebaiknya menggunakan batu kali sebagai pondasi rumah Anda. Akan tetapi, bila tanah di area Anda cukup lembek, lunak maupun bekas rawa maka Anda dapat mengantisipasinya dengan menggunakan cakar ayam.

Setelah mengetahui sedikit informasi mengenai pondasi rumah, maka Anda dapat memantau apakah pondasi yang dipasang di rumah ataupun bangunan Anda sudah sesuai sebagaimana mestinya. jngan lupa untuk terus menjaga komunikasi yang baik dengan pengembang perumahan maupun arsitek Anda agar Anda dapat terus memantau perkembangan bangunan Anda. Semoga informasi yang kami sajikan di atas dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan informasi menarik seputar properti di berbagai artikel kami lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here