Ketahui Cara Gampang Bangun Rumah Hemat Energi

0
1237
http://1.bp.blogspot.com/-MWPOg-kzqpU/ViyoPWgnXuI/AAAAAAAAAIM/S7ArQtQK6s0/s1600/6-desain-rumah-tropis-modern-minimalis4.jpg

Nampaknya, hidup yang lebih sehat serta hemat energi telah menjadi gaya hidup baru. Mulai dari makanan vegetarian yang mulai banyak digemari oleh masyarakat Indonesia saat ini hingga pemakaian produk daur ulang yang kian marak diperjual belikan. Tak tanggung-tanggung, saat ini properti seperti rumah hemat energi serta ramah lingkungan pun telah banyak dicari. Bila Anda adalah satu pecinta hidup go green, maka Anda dapat mengadopsi lima hal berikut ini pada rumah Anda.

1.Produk Energi Efisien

Saat ini Anda dapat dengan mudah menemui berbagai produk hemat energi. Cukup dengan mengunjungi berbagai gerai peralatan rumah tangga ternama Anda dapat memilih beragam jenis produk hemat energi. Umumnya harga produk hemat energi memang tergolong cukup mahal. Namun, bila Anda mengkalkulasi keuntungan jangka panjang, maka tentunya Anda akan menyadari bahwa Anda sudah menghemat banyak uang. Anda dapat menerapkan produk hemat energi ini di berbagai ruangan di rumah Anda, seperti kamar mandi, ruang keluarga, atau ruangan lain di rumah.

2. Jendela

Berikutnya, elemen yang tidak kalah penting adalah mencari jendela yang hemat energi. Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan. Untuk itu Anda perlu mengetahui beberapa hal, seperti memahami berbagai jenis jendela kaca. Misalnya, bagaimana jendela tersebut terbuka dan tertutup, misalnya ke samping atau terbuka bagian bawahnya.

Selanjutnya, ketahui cara pemasangan jendela Anda. Instalasi yang tidak tepat dapat menyebabkan rembesan dan bahkan kebocoran air.

3. Kabinet

Bila Anda memang berkomitmen mengubah rumah menjadi rumah hijau, maka mulailah dengan merombak dapur Anda. Hal ini dikarenakan terdapat banyak zat dan bahan yang terlibat dalam produksi lemari berkelanjutan dalam kualitas udara di rumah Anda. Untuk itu gunakanlah bahan ramah lingkungan seperti bambu dan papan biokomposit, lyptus,kayu daur ulang, dan stock kabinet. Selain itu Anda dapat juga mempergunakan produk yang bersertifikasi, seperti Green Seal atau GreenGuard, untuk mengetahui apakah produk tersebut memiliki emisi VOC rendah.

4. Pipa

Mungkin terdengar sedikit aneh di telinga Anda, akan tetapi menggunakan pipa adalah salah satu cara terbaik menjadikan rumah hijau melalui pipa Anda. Tidak hanya biaya utilitas pipa hijau lebih rendah dalam jangka panjang, tetai menggunakan pipa hijau tentunya akan lebih menyehatkan.

Pipa dalam rumah meliputi drainase dan pipa pemanas air, toilet, dan saluran pembuangan utama. Untuk beberapa proyek Anda bisa menginsolasi pipa, menginstal pemanas air baru, mengenal sistem penyaringan air, memasang toilet dengan aliran air yang rendah, dan memasang keran peredam aliran.

5. Lantai

Agar rumah menjadi lebih ramah lingkungan gunakanlah lantai kayu. Bila Anda menginginkan bahan yang lebih keras, Anda bisa memilih engineered wood atau kayu olahan. Dalam pembuatannya, kayu olahan menggunakan berbagai bahan kimia yang membuatnya hanya membutuhkan sedikit kayu dalam pembuatannya. Oleh karenanya, gunakan bahan kayu keras yang sudah terstandar. Anda juga dapat menginstal lantai yang terbuat dari bahan yang berkelanjutan, daur ulang atau reklamasi.

Tentunya dengan memilih rumah yang lebih ramah lingkungan Anda dapat memulai hidup yang jauh lebih sehat dan hemat energi bagi Anda dan keluarga Anda karena semua kebaikan berawal dari rumah, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here