Ketahui 5 Langkah Cerdas Mengumpulkan DP Rumah

2
731
https://2.bp.blogspot.com/-bnG62qiMe_A/WZmqUrQcbkI/AAAAAAAAJPE/oUOYC-2BTF4HmHYEstKmkyE_rv0RaF6lQCLcBGAs/s1600/Ciwstra%2Bmargakencana%2Brumah.jpeg

Banyak orang bermimpi untuk membeli rumah, tapi sedikit yang dapat mewujudkannya. Anda tentunya ingin dapat mewujudkan impian Anda, bukan? Tentunya hal ini membutuhkan kerja keras, komitmen, serta sedikit pengetahuan untuk mengumpulkan uang muka atau DP rumah. Lalu, apa saja hal-hal yang perlu Anda ketahui agar segera dapat mengumpulkan DP rumah? Berikut beberapa langkah cerdas mengumpulkan DP rumah.

1. Tentukan Target

Pertama tentukan target yang jelas, seperti kapan Anda ingin memiliki rumah. Jangan hanya berkata “kapan-kapan saya akan membeli rumah” target ini tidak jelas dan tidak memacu Anda untuk mengumpulkan uang untuk DP rumah. Maka, tentukan kapan Anda akan membeli rumah, misalnya buat komitmen dalam jangka waktu 3 tahun Anda akan mewujudkannya. Jangan lupa untuk menghitung kenaikan harga properti setiap tahun dengan memeriksa harga pasaran tiap tahunnya. Sebagai contoh bila DP rumah yang Anda inginkan tahun ini adalah Rp150 juta, maka dalam tiga tahun DP dapat menjadi Rp 200 juta. Hal ini dkarenakan harga DP telah naik minimal Rp 15 juta per tahun.

2. Investasikan Dana

Bila Anda memiliki sejumlah tabungan, jangan terlalu lama menyimpannya di bank. Sebaliknya, ketimbang menabung di bank dengan bunga yang hanya 2%-4% per tahun belum lagi uang tersebut akan terpotong oleh biaya administrasi dan inflasi, maka sebaiknya Anda mencoba untuk menginvestasikan uang Anda dalam bentuk reksadana atau saham.

3. Cari Penghasilan Tambahan

Bila Anda telah mencari tahu berapa DP yang perlu Anda bayarkan, maka Anda dapat mengukur kemampuan finansial Anda. Untuk mengejar target yang telah Anda buat, Anda dapat melakukan pekerjaan tambahan di waktu luang Anda, misalnya menjadi pengemudi ojek online, fotografi, penerjemah, dll.

4. Beli Tanah

Jangan khawatir apabila uang Anda belum bisa dipakai untuk membeli rumah, pasalnya Anda dapat membeli tanahnya terlebih dahulu yang penting adalah lokasinya strategis. Bila Anda tidak memiliki dana yang cukup untuk membangun rumah, Anda dapat menggunakan tanah tersebut untuk berbisnis, seperti misalnya lahan parkir atau untuk berkebun. Setelah tiga tahun, Anda dapat membangun rumah atau Anda dapat menjual tanah tersebut. Harganya pasti sudah menjadi lebih tinggi dan bisa menjadi modal utama mengumpulkan DP rumah.

5. Program BPJS Ketenagakerjaan

Tidak banyak yang tahu bahwa dengan mempergunakan program BPJS Ketenagakerjaan Anda bisa mendapatkan pinjaman sebesar 50 juta plus suka bunga cicilan yang ringan. Tentunya ada syarat yang harus Anda penuhi untuk mengikuti program ini:

– Belum memiliki rumah sendiri
– Telah terdaftar sebesar peserta BPJS minimal 1 tahun
– Berusia diatas 21 tahun atau sudah menikah
– Mendapat rekomendasi perusahaan dan bersedia dipotong gaji untuk membayar angsuran.

Bila syarat di atas dapat Anda penuhi, maka jangan ragu untuk segera mengikuti program ini. Selamat mencoba!

2 COMMENTS

  1. Terimakasi informasinya sangat cerdas danbermanfaat ! Selain untuk memilih rumah langkah cerdas diatas dapat juga digunakan ketika kita menginginkan sebuah apartemen. terkecuali untuk beli tanahnya . hhehe.. kita tinggal menentukan saja lokasi yang tepat

    • Iya, Anda juga bisa mendownload Aplikasi kami di Google PlayStore dan Apple AppStore untuk menggunakan seluruh fitur dari aplikasi WORKnPLAY.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here