Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Membeli Rumah Pertama Anda

1
409
Sumber: http://www.isigood.com/wp-content/uploads/2017/02/membeli-rumah-770x470.jpg

Bagi sebagian orang membeli rumah pertama kali rasanya gampang-gampang sulit. Hal ini dikarenakan biasanya orang membeli rumah pertama dengan tujuan untuk ditinggali. Sehingga, hal ini menjadi keputusan penting yang sulit, terlebih lagi jika Anda belum memiliki pengalaman dalam hal membeli properti. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena hanya dengan mengetahui 5 hal di bawah ini Anda akan menjadi lebih pandai dalam memilih rumah pertama yang sesuai dengan keinginan Anda.

  • Tujuan Jangka Panjang

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah apakah Anda berniat untuk menempati rumah tersebut sebagai tempat tinggal? Jika ya, maka lokasi menjadi hal penting. Oleh karenanya, hindari membeli rumah terlalu murah namun lokasinya jauh dari tempat kerja. Hal ini dapat membuat Anda enggan untuk tinggal di sana dan memilih untuk menyewa tempat lain yang lebih dekat. Tentunya, hal ini tidak menjadi masalah apabila Anda telah melunasi cicilan rumah atau membeli rumah untuk tujuan investasi. Namun, jika cicilan Anda belum lunas, menyewa tempat lain tentunya akan menambah beban pengeluaran Anda.

  • Pilih Jenis dan Ukuran Rumah yang Sesuai Kebutuhan

Sebaiknya Anda mengetahui dengan persis jenis serta ukuran rumah seperti apa yang Anda inginkan. Misalnya, Anda menginginkan jenis rumah minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu besar, maka hal ini dapat Anda gunakan sebagai acuan dalam memilih rumah. Selain itu dengan mengetahui jenis serta ukuran rumah yang diinginkan, Anda tidak perlu repot melakukan renovasi ataupun perubahan lainnya di kemudian hari karena Anda telah menempati rumah idaman Anda.

  • Konsultasikan dengan Agen Properti

Bila Anda membutuhkan banyak masukan, Anda dapat berkonsultasi pada agen properti. Agen properti tak hanya akan membantu mencari rumah idaman Anda, dia juga akan membantu Anda dalam hal negosiasi harga, mendapatkan pinjaman, serta menyelesaikan dokumen yang diperlukan. Bila membeli rumah dari jasa pengembang properti, pastikan Anda mengetahui rekam jejaknya dari berbagai media dan review online.

  • Menentukan Cara Pembayaran

Saat ini, terdapat berbagai cara yang dapat Anda gunakan untuk membeli rumah pertama Anda. Anda dapat memilih untuk membeli secara tunai, tunai bertahap, atau dengan kredit pemilikan rumah (KPR). Pilih jenis pembayaran yang sesuai anggaran serta kemampuan Anda.

  • Surat-Surat Kepemilikan Lengkap

Hal terpenting adalah mengetahui bahwa tidak ada kasus hukum atas tanah yang akan Anda beli. Bila Anda membeli rumah secara tunai keras maka pastikan Anda akan mendapatkan surat rumah secara lengkap. Surat rumah meliputi, Surat kepemilikan tanah, yaitu sertifikat hak milik (SHM), sertifikat hak guna bangunan (SHGB), sertifikat hak pakai (SHP), Akta jual beli rumah, sertifikasi IMB, serta surat PBB.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here