Ingin Beli Rumah Bebas Banjir? Ketahui 3 Hal ini

0
1145
Beli Rumah Bebas Banjir
Sumber: http://www.texasmonthly.com/wp-content/uploads/2016/04/Houston1.jpg

Seperti yang kita ketahui, curah hujan di sepanjang tahun 2017 cukup tinggi. Bagi Anda yang hendak membeli rumah, lokasi bebas banjir tentunya menjadi pertimbangan utama. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui lokasi seperti apa yang memiliki resiko tinggi terkena banjir dan lokasi mana yang aman dari banjir. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

1.) Ketahui Lokasi Bebas Banjir

Saat ini Anda dapat mengakses berbagai informasi melalui website ataupun smartphone Anda. Sehingga, Anda dapat mencari tahu lokasi mana saja yang sering dilanda banjir dengan mudah. Anda juga dapat mendapatkan informasi melalui keluarga, teman, media cetak dan internet. Selain itu penting juga untuk memperhatikan berita-berita di TV selama masa hujan. Anda juga dapat mengakses sejumlah situs internet seperti petajakarta.org, geospasial.bnpb.go.id, dan pu.go.id untuk membantu Anda mengetahui situasi terkini.

2.) Kondisi di Lingkungan Rumah

Perhatikan apakah kondisi di lingkungan Anda memiliki sistem drainase yang memadai dan mengalir secara lancar. Sistem drainase yang baik dapat dilihat melalui kondisi sungai dan saluran limbah yang ada di sekitar lokasi. Selain itu, lokasi yang dekat dengan sungai besar dan tak memiliki ruang terbuka hijau yang cukup juga berpotensi menimbukan banjir pada musim hujan. Perhatikan elevasi kontur lokasi perumahan apakah lebih tinggi atau lebih rendah dari daerah sekitarnya. Jika lebih tinggi berarti daerah tersebut relatif aman dari banjir. Anda dapat juga menanyakan kepada warga sekitar apakah pernah mengalami banjir selama tinggal di lokasi tersebut. Oleh karena itu penting sekali untuk mengeksplorasi lingkungan secara menyeluruh.

3.) Kondisi Bangunan Rumah

Setelah mengeksplorasi lingkungan sekitar rumah, maka hal lain yang perlu di perhatikan adalah kondisi bangunan rumah. Untuk mengantisipasi banjir, pilihlah rumah dengan ketinggian minimal satu meter lebih tinggi dari jalan. Rasio luas bangunan dengan lahan hijau juga sebaiknya perlu diperhatikan. Sebaiknya rasio lahan hijau berada pada kisaran 35%.

Selain memerhatikan tips diatas tentunya terdapat hal-hal lain yang mungkin perlu dipertimbangkan. Namun, pada umumnya dengan memerhatikan 3 hal tersebut, diharapkan rumah Anda dapat terhindar dari resiko banjir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here