Desain Rumah Miring di Pondok Indah

0
596
rumah miring
Sumber: https://properti.kompas.com/read/2018/06/01/060000021/rumah-miring-di-pondok-indah-simbol-anti-kemapanan

Rumah berukuran 320 meter persegi ini disebut Rumah Miring, atau Slanted House. Berdiri di atas lahan seluas 8 meter di Pondok Indah, rumah ini pertama kali dibangun pada tahun 1970-an dan 1980-an. Arsitek Budi Pradono menciptakan “antitesis ekstrim” untuk kolom dekoratif dan detail mediterania yang ditampilkan di rumah tersebut.

Ketika rencana untuk renovasi rumah pertama kali terungkap pada 2011, para arsitek menggambarkan proyek tersebut sebagai “simbol anti kemapanan”. Bingkai baja putih menyelubungi rumah miring ke arah jalan ini.

Lebih tinggi di atas garis atap rumah tetangga, sudut miringnya dimaksudkan sebagai kritik terhadap lingkungannya. “Beberapa anggota parlemen yang paling sukses di Jakarta, serta beberapa selebritis yang berasal dari daerah lain, merasa seperti harus memiliki rumah di daerah ini,” kata pendiri studio Budi Pradono Architects, Budi Pradono. Ia menambahkan, simbol-simbol kesuksesan ini umumnya ditunjukkan oleh bahasa arsitektur.

Misalnya, beberapa kolom struktural yang mirip dengan yang ada di Italia atau Perancis. Pilar-pilar ini menunjukkan keberhasilan. Sementara bingkai dimiringkan sebagai simbol ketidakstabilan, lantai di dalam dibuat bertingkat dan dilapisi kaca untuk memberikan pemandangan ke sungai atau keluar dari rumah. Panel kaca, yang bersudut sesuai dengan struktur, menyembunyikan kolam renang dalam ruangan dan tanaman rimbun.

rumah miring 2
Sumber: https://properti.kompas.com/read/2018/06/01/060000021/rumah-miring-di-pondok-indah-simbol-anti-kemapanan

Kamar tidur utama dan kamar mandi besar berada di lantai pertama, sedangkan lantai paling atas digunakan sebagai lobi dan kamar tamu. Kamar tidur utama dan kamar mandinya memiliki konsep hampir identik. “Area kamar mandi seluas 16 meter persegi merespon tren gaya hidup perkotaan saat ini yang biasanya menghabiskan lebih banyak waktu di kamar mandi,” jelas Budi.

Dalam hal ini, lanjut dia, di dalam kamar mandi pengguna dapat memiliki waktu lebih tenang, ruang kontemplatif serta tempat beristirahat saat menggunakan ponsel cerdas, membaca koran atau media sosial sebagai perangkat komunikasi.

Area pribadi diatur di belakang area publik atau di belakang rumah untuk memberikan privasi meski rumah diselimuti kaca. Tangga jala putih dengan tapak tembus cahaya menghubungkan tiga lantai, masing-masing memiliki akses ke teras bertingkat di mana pohon tinggi tumbuh melalui bukaan melingkar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here