Membeli Rumah Baru atau Rumah Bekas?

0
641
Sumber: http://www.socketsite.com/wp-content/uploads/2015/06/553-Elizabeth.jpg

Sebagian orang mendambakan untuk memiliki rumah impiannya sendiri. Akan tetapi rumah idaman tidaklah harus selalu baru, karenannya nyatanya rumah bekas pun menawarkan kelebihan yang sama menariknya dengan rumah baru. Bila Anda sedang ingin membeli rumah, maka Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli rumah baru atau bekas. Tentunya semua itu tergantung pada selera dan pertimbangan anda masing-masing. Berikut adalah kelebihan rumah baru dan bekas yang dapat Anda jadikan pertimbangan.

Kelebihan Rumah Baru

  1. Bangunan Berkualitas
    Dibandingkan dengan rumah bekas, rumah baru tentunya memiliki kuat bangunan yang lebih kokoh. Kondisi bangunan masih oke belum terdapat kerusakan, sehingga Anda tak membutuhkan biaya renovasi. Dari segi tampilan, rumah baru tentunya terlihat lebih menarik, modern, dan bersih ketimbang rumah bekas.
  1.  Sesuai Keinginan
    Dengan membeli rumah baru, Anda dapat lebih leluasa mengatur tata letak dan segala atribut rumah, misalnya jumlah kamar, warna cat, hingga penataan aksesori ruangan. Anda juga dapat menentukan gaya rumah seperti apa yang Anda sukai atau seberapa luas kah rumah yang Anda inginkan?
  1. Lebih ramah lingkungan
    Proyek bangunan belakangan ini umumnya menggunakan bahan yang lebih ramah lingkungan ketimbang dengan bahan rumah 10 tahun lalu. Bahkan beberapa rumah memiliki konsep hijau, sehingga para pengembang melengkapi hunian dengan ragam instalasi eco-green. Oleh karenanya, material yang digunakan pun tentunya lebih ramah lingkungan, seperti atap baja ringan, frame jendela alumunium, batu bata atau fabrikasi batu bata ringan, hingga pemilihan warna cat yang lebih cerah guna memantulkan sinar matahari.

Kelebihan Rumah Bekas

  1. Harga Lebih Murah
    Dengan kondisi luas yang sama, Anda dapat membeli rumah bekas dengan harga yang lebih murah. Semakin lama usia rumah maka makin murah pula harganya.
  1. Fasilitas Memadai
    Rumah bekas biasanya berada di lingkungan yang sudah terbentuk. Oleh karenanya, Anda akan lebih mudah untuk menemukan fasilitas umum, seperti sekolah, tempat ibadah, dll. Berbeda halnya dengan rumah baru yang biasanya terletak di lingkungan yang masih sepi, membeli rumah bekas memungkinkan Anda untuk memiliki tetangga.
  1. Dapat Langsung Ditempati
    Jika membeli rumah baru mengharuskan Anda untuk melakukan instalasi listrik dan air terlebih dahulu. Rumah bekas biasanya sudah dilengkapi dengan listrik dan juga telepon. Anda pun tak perlu mengkhawatirkan soal pengurusan surat karena biasanya sudah diurus oleh pemilik lama.

Demikian kelebihan rumah baru dan bekas. Tentunya semua kembali lagi pada kebutuhan Anda masing-masing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here