Harga Apartemen Kian Meningkat? Ini Alasannya!

0
353
http://jin.co.id/wp-content/uploads/2016/02/Biaya-Sewa-Apartemen-di-Jepang.jpg

Ingin beli apartemen tapi harganya makin mahal? Sebenarnya apa sih yang membuat harga apartemen terus meningkat tiap tahunnya? Umumnya, terdapat setidaknya 6 faktor utama yang membuat harga apartemen kian melambung. Bila Anda penasaran dengan penyebab naiknya harga apartemen, Anda dapat mencari tahu alasannya di bawah ini.

1. Kepemilikan Tanah

Dikarenakan ketersediaan tanah semakin berkurang dan kebutuhan tanah semakin meningkat, maka kebutuhan akan properti, atau hunian bertingkat seperti apartemen terus meningkat setiap tahun dan harganya pun kian melonjak. Hal ini dikarenakan berlakunya prinsip ekonomi, yaitu semakin tinggi permintaan maka semakin tinggi pula harga barang.

2. Bertambahnya Populasi

Alasan utama mengapa ketersediaan tanah kian berkurang ialah karena bertambhanya populasi penduduk, namun luas tanah tidak bertambah. Oleh karenanya, hunian vertikal menjadi solusi terbaik saat ini, tak heran bila harga properti kian melambung tiap tahunnya.

3. Inflasi

Inflasi harga barang, seperti harga bahan pokok, harga bahan bakar, tingkat suku bunga, dan harga properti juga menjadi salah satu penyebab utama naiknya harga apartemen. Hal ini dikarenakan inflasi yang terjadi mengakibatkan dampak lain pada sektor industri lainnya.

4. Naiknya Harga Material Bangunan

Harga bahan dasar bangunan seperti semen, pasir, batu bata, cat dan kayu, umumnya mengalami kenaikan harga per tahunnya. Hal ini membuat harga properti, misalnya apartemen terus melambung.

5. Pertumbuhan Ekonomi

Bila suatu negara mengalami perkembangan ekonomi yang baik, maka dapat dipastikan pertumbuhan masyarakat kelas menengah juga mengalami kenaikan. Umumnya mereka yang akan atau sudah menikah akan memenuhi kebutuhan mereka akan sandang, pangan, dan papan. Tak heran bila kebutuhan akan properti menjadi salah satu prioritas kalangan kelas menengah, sehingga permintaan pun bertambah. Akibatnya harga properti, terutama apartemen pun kian meningkat.

6. Industri dan Kesempatan Kerja

Negara yang maju pastinya memiliki sektor industri yang bekembang dan kesempatan kerja yang besar. Hal ini mengakibatkan wilayah yang memiliki banyak sektor industri menjadi ramai yang dihuni para pekerja dan perantau yang ingin mengadu nasib di tempat tersebut, contohya, Cikarang yang terkenal sebagai kawasan industri. Saat ini terdapat banyak apartemen yang khusus dibangun untuk para eskpatriat dan para pekerja yang ingin beristirahat di kawasan tersebut. Karenanya, peningkatan harga properti di kawasan tersebut menjadi tak terhindarkan.

Meskipun harga apartemen kian melambung, namun sepertinya hal tersebut tidak menyurutkan animo masyarakat untuk membeli apartemen. Hal ini dikarenakan apartemen masih menjadi solusi terbaik bagi hunian perkotaan. Semoga dengan mengetahui 6 penyebab kenaikan harga apartemen di atas, Anda dapat mengantisipasi akan adanya kenaikan harga yang terjadi tiap tahunnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here