6 Faktor Eksternal yang Perlu Diperhatikan sebelum Membeli Rumah

0
693
Sumber: http://www.dailymoslem.com/wp-content/uploads/2015/12/6-Cara-Menghangatkan-Rumah-Saat-Cuaca-Dingin.jpg

Dalam membeli rumah idaman, tentunya terdapat banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan. Selain faktor internal, terdapat pula faktor eksternal yang perlu Anda perhatikan seperti lingkungan sekitar rumah Anda. Faktor eksternal ini ternyata sama pentingnya dengan faktor internal karena faktor eksternal dan internal yang baik akan membuat penghuninya merasa kerasan untuk tinggal di tempat tersebut. Berikut adalah beberapa faktor eksternal yang perlu Anda perhatikan ketika membeli rumah.

Siapa tetangga Anda?

Mengetahui gaya hidup tetangga Anda akan membantu Anda untuk menyesuaikan diri dengan mereka. Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terkait dengan kehidupan bertetangga adalah apakah terdapat anak-anak yang masih kecil atau sudah beranjak remaja? Keluarga pensiunan? Masih lajang atau sudah menikah? Selain itu Anda juga perlu mencari tahu apakah terdapat anak yang sebaya dengan anak Anda. Hal ini tentunya akan sangat penting mengingat kebutuhan anak terhadap sosialisasi.

  • Suara Bising

 

Ketenangan tentunya menjadi hal utama yang perlu Anda pertimbangkan ketika memilih perumahan. Oleh karenanya, pastikan Anda dapat mentolerir kebisingan yang ada, seperti misalnya, suara gonggongan anjing tetangga, anak-anak bermain, suara kereta api, atau suara mobil jalanan yang terdengar. Namun, bila Anda tidak mempermasalahkan kebisingan, hal ini tentunya tak perlu Anda perhitungkan.

  • Bau di sekitar Rumah

Pastikan tidak ada bau yang berasal dari sekitar rumah. Hal ini dapat membuat Anda serta penghuni lainnya tidak betah tinggal di rumah tersebut. Oleh karenanya, hindari lah membeli rumah di area yang dekat dengan tempat pembuangan sampah, pabrik atau peternakan. Got yang berbau juga menjadi salah satu faktor yang perlu Anda perhatikan. Bila got tersebut menjadi sumber bau, beritahu RT lingkungan setempat mengenai hal tersebut.

  • Struktur Bangunan dan Tanah

Hal ini berlaku jika Anda hendak membangun rumah di area tanah suatu perumahan. Pertama, pastikan bahwa tanah yang akan dibangun memiliki struktur tanah yang dapat menopang pondasi rumah dengan baik. Kedua, perhatikan bahan pondasi Anda, seperti apa saja materialnya dan berapa kedalaman yang dibutuhkan untuk memasang pondasi.

  • Saluran Air

Perumahan dengan saluran air yang baik akan mencegah terjadinya banjir ataupun adanya genangan-genangan air yang muncul setelah hujan. Bila saluran air di lingkungan Anda kurang memadai Anda dapat menyediakan dana tambahan guna memperbaiki saluran air yang mampet.

  • Pemasangan Struktur Listrik

Listrik juga menjadi salah satu faktor penting ketika memilih rumah. Pastikan rumah Anda memiliki daya listrik yang cukup untuk mengangkat beban daya kebutuhan Anda. Selain itu pastikan pula setiap stop kontak dan saklar sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here