5 Tips Traveling Pertama Kali ke Luar Negeri Buat Pemula

0
223
https://cdns.klimg.com/fimela.com/resources/real/2017/01/05/52705/raden-suitcase.jpg

Bagi Anda yang baru akan mencoba melakukan perjalanan ke luar negeri, mungkin Anda perlu mengetahui beberapa hal. Tips berikut ini akan membantu Anda mempersiapkan segala sesuatunya agar berjalan baik, sehingga perjalanan Anda akan terasa lebih menyenangkan, nyaman dan tanpa rasa khawatir. Apa saja tips-tipsnya? Berikut 5 hal yang perlu Anda ketahui.

1. Paspor

Hal terpenting pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat paspor. Selain itu dokumen pribadi seperti KTP, paspor dan visa juga menjadi hal yang perlu Anda perhatikan. KTP akan Anda perlukan ketika akan melakukan check-in pesawat domestik.

Bila Anda hendak membuat paspor, buatlah setidaknya 3 bulan sebelum keberangkatan, sehingga Anda tidak terlalu terburu-buru. Selain itu terkadang paspor juga digunakan untuk booking tiket pesawat juga. Setelah itu buatlah visa jika negara yang Anda kunjungi tidak bebas visa. Umumnya, pembuatan visa lebih memakan waktu dan rumit ketimbang membuat paspor. Pasalnya, Anda diharuskan untuk melampirkan buku tabungan selain itu biaya pembuatan visa juga tidak murah. Namun, jangan khawatir karena banyak juga negara yang tidak membutuhkan visa, seperti (negara ASEAN maupun Jepang dll), atau ada juga yang menerapkan Visa On Arrival (VOA) yang bisa diurus di imigrasi bandara negara tujuan.

2. Persiapan yang Matang

Persiapan yang matang tentunya akan menghasilkan hasil yang memuaskan pula. Maka dari itu pastikan Anda membeli tiket pesawat dari jauh hari. Selain itu membeli tiket jauh-jauh hari biasanya lebih murah sehingga Anda juga dapat menghemat anggaran. Tentukan juga penginapan Anda, sebisa mungkin pesanlah penginapan dari Indonesia. Selain karena detail perjalanan sudah dibuat dan direncanakan dengan baik, harganya pun tentu lebih murah karena menggunakan uang rupiah. Bila perlu pelajari juga kebiasaan dan sedikit bahasa sehari-hari penduduk di negara tersebut, hal ini tentunya akan membuat Anda menjadi lebih nyaman berada di tempat baru dan tidak serta merta menjadi pelaku maupun korban dari culture shock.

3. Tukar Uang di Dalam Negeri

Sebelum melakukan perjalanan ke luar negeri, pastikan rupiah Anda sudah Anda tukarkan ke money changer lokal. Hindari pula menukar uang di bandara karena harganya yang mahal. Anda juga dapat menukarkan uang Anda dengan dolar bila negara tujuan Anda tidak memiliki mata uangnya di Indonesia, seperti Nepal.

4. Rancang Itinerary Anda dengan Browsing

Saat ini Anda dapat mudah melihat detail perjalanan para wisatawan yang sudah melakukan perjalanan ke negara tersebut melalui blog pribadi mereka, Youtube, dll. Sehingga, tak ada salahnya untuk membuat detail perjalanan Anda sendiri dengan menggunakan panduan dari itinerary orang lain. Namun, tetap saja Anda yang menentukan destinasi pilihan Anda.

5. Bekal Makanan dan Botol Minum

Setiap negara memiliki selera masakan yang berbeda serta aturan negara yang berbeda pula. Misalnya di Singapura Anda akan terkejut ketika membeli Air minum, pasalnya harga air di Singapura sangatlah mahal. Hal ini memang sudah menjadi ketentuan negara tersebut. Sehingga, bila Anda membawa botol minum, Anda dapat mengisi air minum dari tempat penginapan Anda, bandara dan lokasi air gratis lainnya. Tentunya akan sangat menghemat biaya, bukan?

Jangan lupa untuk membawa snack ringan asal Indonesia, seperti Abon, susu kental manis, mi instan, sambal maupun kecap. Hal ini tentunya akan sangat membantu apabila kuliner di negara tersebut tidak sesuai lidah Anda.

Sudah siap jalan-jalan ke luar negeri? Ayo, tunggu apa lagi ambil koper Anda dan pesan tiket sekarang juga. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here