5 Tips Menghindari Tertipu Pengembang Rumah Nakal

0
867
https://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&ved=0ahUKEwiSzcW-yJ3WAhUJNI8KHRIbBQIQjBwIBA&url=https%3A%2F%2Fs3-ap-southeast-1.amazonaws.com%2Fimages-forum.rumah123.com%2Fphoto%2F2017%2F02%2F13%2F2982edb7831ea07f9cdd600b1e781294.jpg&psig=AFQjCNEkBQH-h8i-oZh9wBdIW6Mm_fU8nQ&ust=1505234192813692

Ingin beli rumah, tapi ragu terhadap kualitas pengembang rumah? Jangan khawatir, pada artikel kali ini, kami akan membahas sedikit tips yang perlu Anda ketahui agar terhindar dari pengembang rumah yang nakal. Pastikan Anda membaca ke 5 poin berikut ini.

1. Cek Sertifikat Properti

Legalitas properti Anda adalah hal yang perlu Anda tanyakan dan ketahui secara jelas dan gamblang. Maka, tanyakanlah pada pengembang Anda secara jeli dan selektif. Pastikan IMB atau sertifikat rumahnya telah rampung.

2. Listrik

Ketersediaan listrik dapat menjadi acuan proyek, apabila ketersediaan listrik baik, maka dapat dipastikan hunian baru di lingkungan tersebut tidak bermasalah. Hal ini dikarenakan, PLN tdak akan memberikan fasilitas listrik pada status lahan atau properti yang belum legal atau disetujui.

3. Perhatikan Tanda Jadi

Ketika Anda membayar sejumlah uang yang telah Anda dan pengembang sepakati bersama sebagai booking fee, pastikan uang tersebut sampai ke pengembang dan bukan ke sales marketingnya. Pengembang yang baik tentunya akan meminimalisir adanya celah penyelewengan uang. Maka hindari pengembang yang menawarkan pembayaran uang muka secara ‘bayar di muka’ dan lakukan proses pembayaran via transfer bank.

4. Reputasi Pengembang

Hal ini mungkin sudah sering Anda dengar, namun reputasi pengembang tidak bisa Anda anggap sepele. Pengembang yang baik tentunya sudah memiliki rekam jejak yang dapat Anda lihat hasilnya. Kejelasan inilah yang harus dicari konsumen agar tidak dirugikan di kemudian hari.

5. Dipercaya Bank

Reputasi bank juga dapat Anda lihat dari seberapa banyak bank yang menjalin kerjasama dengan banyak bank pemberi kapasitas KPR. Untuk bisa membandingkan KPR mana yang terbaik, Anda dapat mengunjungi laman perbandingan.

Dengan mengetahui kelima hal di atas, diharapkan Anda dapat menentukan mana pengembang yang akan memberikan hasil dan bukan hanya sekedar janji. Maka, pastikan Anda mengecek 5 hal di atas sebelum membeli sebuah rumah. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here