5 Tips Beli Rumah Bekas Ini Penting, Tapi Sering Dilupakan!

0
440
5 Tips Beli Rumah Bekas
Sumber: https://static.pexels.com/photos/106399/pexels-photo-106399.jpeg

Anda ingin menjual rumah, tapi bingung harus memulai darimana? Berikut adalah 5 tips beli rumah bekas yang sering terlupakan oleh calon pembeli.

1. Rencana Jangka Panjang, Termasuk Rencana Menjual Kembali Properti Anda

Sejujurnya, rumah ataupun bangunan sekarang tak lagi hanya sebuah tempat tinggal. Ada yang sengaja membeli rumah atau ruko bukan untuk ditempati, melainkan untuk dijadikan tabungan/investasi. Tidak ada salahnya mempertimbakan kemungkinan jangka panjang sebelum Anda membeli sebuah rumah. Tidak menutup kemungkinan harga properti yang Anda beli akan melonjak 20 tahun yang akan datang, bukan?

2. Tanyakan Segalanya dengan Detail pada Pemilik Rumah yang Sebelumnya

Ada banyak hal yang bisa Anda ketahui dari pemilik rumah sebelumnya. Misalnya tentang lingkungan sekitar, termasuk fasilitas-fasilitas umum yang akan Anda butuhkan nantinya. Apakah lingkungan cukup aman dan apakah tetangga kiri-kanan Anda adalah orang-orang yang menyenangkan atau tidak bisa Anda ketahui dari pemilik sebelumnya.

Kalau Anda membeli rumah dari seorang agen real estate, mereka mungkin akan memiliki pandangan yang berbeda dengan pemilik dan bisa memberikan masukan-masukan teknis sebelum Anda membeli rumah tersebut.

3. Buat Daftar Tentang Apa Saja yang Anda Butuhkan dari Rumah yang Akan Anda Beli

Membeli rumah adalah proses emosional. Idealnya, Anda harus menyingkirkan semua emosi Anda saat mengevaluasi rumah. Jangan hanya karena Anda suka tamannya, Anda langsung main beli saja tanpa memikirkan aspek-aspek yang lain. Caranya, buatlah list tentang apa saja hal-hal penting yang Anda butuhkan. Buat dalam daftar dan bawa setiap Anda meninjau calon rumah yang akan Anda beli. Jangan lupa ambil foto setiap rumah yang Anda tinjau untuk membandingkannya satu sama lain.

4. Anggarkan Semua Biaya dengan Lengkap dan Detail

Saat membeli rumah, dana yang harus Anda pikirkan bukan hanya dana untuk membayar rumah dan membeli aneka perabotan. Jangan lupakan pajak, asuransi (jika ada) dan biaya perawatan termasuk listrik dan air yang akan Anda keluarkan nantinya. Anggaran biaya transportasi juga penting untuk dimasukkan ke dalam pertimbangan Anda untuk membeli rumah.

5. Pastikan Anda Membaca Kontrak Pembelian Sebelum Menandatanganinya

Sebelum menandatangani kontrak pembelian, pastikan Anda membaca isinya dengan saksama. Jika ada bagian yang tidak Anda pahami, tanyakan pada broker atau agen perumahan Anda. Jika mereka tidak cukup membantu, ada banyak tenaga ahli yang dengan senang hati akan membantu Anda.

Cara mudah menjual rumah bekas dengan aplikasi WORKnPLAY

Seiring berkembangnya zaman, proses membeli rumah sekarang semakin mudah karena keberadaan media online. Tidak hanya membantu Anda mendapatkan informasi tentang properti, WORKnPLAY adalah solusi untuk Anda yang ingin melakukan listing, baik mencari ataupun memasarkan properti Anda.

Aplikasi yang tersedia di App Store dan Google Play ini memiliki listing properti yang komprehensif. Fitur-fiturnya lengkap termasuk sharing informasi ke calon pembeli, mencari properti yang berada di sekitar daerah Anda hingga auto-direct via Google Maps untuk mengarahkan Anda ke lokasi yang dituju. Tak hanya itu, WORKnPLAY juga bisa melakukan filter pencarian kebutuhan properti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here