5 Strategi Jitu Membeli Rumah dengan Gaji 5 Juta

0
499

Tingginya harga tanah dan bangunan, membuat sebagian orang berpikir mustahil untuk membeli rumah. Apalagi jika gaji Anda sangat terbatas, yaitu Rp. 5 juta per bulannya. Namun, tak perlu khawatir karena hanya dengan 5 juta rupiah Anda dapat mewujudkan impian Anda. Nyatanya hal ini bukan teori, akan tetapi banyak sekali yang telah berhasil membeli rumah hanya dengan mempraktekan 5 strategi jitu ini. Berikut ulasan 5 strategi membeli rumah dengan gaji Rp. 5 juta.

1.) Ketahui Kebutuhan Anda

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengetahui harga, jenis, serta tipe rumah yang Anda inginkan. Hal ini penting guna menghindari Anda daripada “besar pasak daripada tiang”. Selain itu dengan mengetahui gambaran rumah impian, Anda juga dapat menaksir berapa kira-kira biaya yang perlu Anda keluarkan setiap bulannya.

2.) Cari KPR Bunga Rendah

Dikarenakan gaji Anda berkisar sekitar 5 juta rupiah, maka sistem pembayaran yang paling masuk akal adalah melalui sistem cicilan KPR. Oleh karenanya, langkah kedua yang perlu Anda lakukan setelah menetapkan kebutuhan rumah Anda adalah dengan mencari KPR bank dengan suku bunga terendah dari bank yang terpercaya. Hal ini dikarenakan setiap bank menawarkan suku bunga yang berbeda -beda. Besar kecilnya suku bunga akan memengaruhi jumlah cicilan setiap bulannya.

3.) Siapkan Uang Muka

Penting sekali untuk menyisihkan uang Anda selama 1-3 tahun sebelumnya. Dengan menabung Anda dapat mengalokasikan uang tersebut sebagai uang muka tanda jadi pengambilan rumah. Jumlah yang perlu Anda kumpulkan sebagai uang muka cukup besar, yaitu sekitar 15%-30% dari harga rumah yang akan dikredit. Hal ini dikarenakan bank hanya membantu 70-80% dari nilai apraisal rumah. Agar lebih cepat, sisihkan bonus, THR, serta pendapatan sampingan Anda sebagai tabungan uang muka.

4.) ketahui Biaya Cicilan Tiap Bulan

Agar tidak membebani Anda, sebaiknya besar cicilan per bulan tidak melebihi 30% dari pendapatan. Apabila pengeluaran per bulan Anda cukup banyak, maka Anda dapat memperpanjang masa kredit misalnya dari 5 hingga 10 tahun. Hal ini akan membantu menghindari Anda “besar pasak daripada tiang” dikarenakan oleh harga cicilan yang terlampau tinggi.

5.) Belajar Mengelola Keuangan dengan Baik

Belajar mengelola keuangan adalah hal terpenting yang perlu Anda pelajari sebelum bermimpi memiliki sebuah rumah. Mustahil membeli rumah jika setiap bulan Anda tidak pernah membiasakan diri untuk menabung atau selalu berhutang guna membiayai gaya hidup Anda yang seharusnya bisa lebih sederhana. Belajarlah mengelola keuangan dengan baik sebelum Anda memulai langkah-langkah di atas.

Demikian beberapa tips yang perlu Anda ketahui guna mewujudkan impian Anda memiliki rumah melalui gaji 5 juta. Praktekan setiap langkah di atas dan wujudkan impian Anda untuk segera memiliki rumah!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here