5 Hal yang Perlu Anda Perhatikan ketika Membeli Tanah dengan Kredit Bank

0
969
http://1.bp.blogspot.com/-aC-7Ky0h2x8/Vd00-g1XSMI/AAAAAAAAAFE/l-YeJ4blxIk/s1600/Investasi%2BMeningkat.jpg

Seperti halnya membeli rumah, membeli tanah juga dapat Anda lakukan secara kredit. Bahkan, membeli tanah secara kredit adalah salah satu cara terpopuler yang dapat Anda lakukan bila hendak membeli tanah namun tak memiliki uang dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang memiliki budget minim, namun hendak membeli tanah. Terdapat beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan ketika mengajukan kredit pada bank, caranya cukup mudah seperti berikut ini:

Sertifikat tanah

Ketika membeli rumah, sertifikat tanah adalah dokumen paling penting dalam hal jual-beli tanah karena melalui dokumen ini Anda dapat memiliki bukti kuat atas kepemilikan rumah Anda. Maka, periksalah sertifikat tanah Anda secara teliti dan seksama.

Pemegang Hak Tanah

Hal berikut yang perlu Anda perhatikan adalah pemegang hak tanah. Pasalnya, banyak sekali yang sudah tertipu dalam kasus jual-beli ketika melakukan transaksi bukan dengan pemegang hak tanah asli.

Konfirmasi Bank Kredit

Langkah berikutnya adalah memastikan kepada bank apakah tanah yang akan dijual surat-suratnya sudah lengkap dan resmi atau belum.

Keabsahan Sertifikat

Jangan lupa untuk mengecek keabsahan sertifikat tanah yang akan Anda beli ke kelurahan atau bisa juga notaris maupun BPN setempat. Bawalah juga fotokopi sertifikat tanahnya.

Hitung Budget Anda

Langkah terakhir adalah mengukur kemampuan finansial Anda. Dengan mengetahui seberapa besar kemampuan finansial Anda, maka Anda akan tahu berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan kredit rumah Anda.

Seperti yang kita ketahui, tanah adalah media investasi yang sangat baik. Harga yang Anda beli saat ini tentunya akan menjadi lebih tinggi di kemudian hari. Selain itu harga tanah juga jarang mengalami penurunan. Tak heran jika tanah masih menjadi bentuk investasi terbaik saat ini. Bila Anda berkeinginan untuk berinvestasi, maka Anda dapat memilih untuk membeli tanah dan gunakanlah kredit di bank sebagai sarana Anda berinvestasi. Tentunya dengan memperhatikan kemampuan pinjaman Anda, yakni selisih pendapatan dan harga tanah yang akan Anda beli. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here