5 Cara Mudah Membuat Lantai Bersih dan Berkilau

0
1890
https://4.bp.blogspot.com/-_MwYiWfV1Bs/VvSBNe618zI/AAAAAAAACLk/vwueEA0nm04S_3Zthfc-qGtAu47IBkiYg/s1600/Membersihkan%2Blantai.jpg

Memiliki rumah dengan lantai yang mengkilap, tentunya menjadi dambaan setiap orang. Rumah dengan lantai yang bersih serta mengkilap akan menambah ke-asri an rumah Anda. Akan tetapi, tak jarang lantai yang telah dihuni selama beberapa tahun terkadang berubah menjadi kotor dan kusam. Bila Anda mengalami hal ini, Anda tak perlu khawatir karena dengan 5 cara sederhana berikut ini, Anda dapat membuat lantai rumah terlihat seperti baru lagi.

1. Cuka

Bila Anda memiliki ubin jenis keramik atau vnyil, maka membersihkan keramik dengan cuka akan menjadi pilihan yang tepat. Tak hanya dapat membantu membersihkan lantai, cuka juga akan memberikan harum yang khas pada ruangan Anda. Untuk membersihkan lantai dengan cuka, Anda dapat melarutkan secangkir cuka kedalam satu ember air panas. Kemudian aduk perlahan hingga cuka dan air bercampur menjadi satu. Pel rumah Anda dengan menggunakan larutan ini.

2. Borax & Amonia

Bila lantai Anda memiliki banyak kotoran atau sisa residue yang menempel, seperti bekas lilin atau bekas cat tembok maka membersihkan lantai dengan borax menjadi salah satu pilihan yang dapat Anda pertimbangkan. Caranya cukup mudah, hanya dengan menambahkan setengah cangkir borax dan setengah cangkir amonia kedalam ember berisi air. Kemudian pel lah rumah Anda dengan air tersebut. Setelah selesai, jangan lupa untuk membilas lantai Anda dengan air, supaya tidak ada bekas residue yang tersisa. Selain itu kandungan amonia dapat membantu membasmi kuman serta menghilangkan noda-noda kuning yang melekat pada lantai.

3. Olive Oil

Menggunakan olive oil sebagai salah satu larutan pel adalah pilihan yang tepat, terutama jika Anda memiliki lantai berbahan dasar kayu. Kandungan dalam olive oil dapat membuat kayu lebih bersih dan mengkilap. Cukup dengan melarutkan setengah gelas olive oil dan setengah gelas cuka atau perasan jeruk lemon dalam satu ember air. Kemudian gunakan campuran tersebut sebagai pembersih lantai Anda. Selain dapat membersihkan, larutan ini juga dapat membuat lantai kayu Anda terlihat lebih bersinar dan awet.

4. Baking Soda

Jangan khawatir bila lantai Anda memiliki noda yang sangat keras. Hanya dengan mencampurkan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok air panas, Anda dapat menghilangkan noda-noda membandel. Aduk campuran tersebut hingga berbentuk pasta. Kemudian ambil sikat gigi dan celupkan ke dalam pasta baking soda. Sikatkan pada lantai yang memiliki noda yang keras. Bila noda cukup sulit untuk di bersihkan, diamkan pasta selama 10 menit pada noda, kemudian sikat dan bilas dengan air panas.

5. Sabun Cuci Piring

Untuk menghilangkan ubin yang terkena cipratan atau tumpahan minyak. Anda dapat menggunakan sabun cuci piring. Cukup dengan mengepel dengan larutan cuci piring menggunakan spons, minyak-minyak yang menempel akan terlepas dengan mudah dan lantai Anda pun terlihat lebih bersinar.

Semoga dengan menggunakan salah satu dari cara diatas, Anda dapat mengubah lantai kusam menjadi berkilau kembali. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here