5 Cara Menentukan Lokasi Usaha yang Strategis

0
964
lokasi usaha strategis
Sumber: https://marissquarebandung.files.wordpress.com/2015/04/ruko-maris.jpg

Lokasi, lokasi dan lokasi! Agaknya peran lokasi terhadap sebuah usaha sangatlah penting. Hal ini dikarenakan, lokasi strategis dipercaya dapat meningkatkan peluang kunjungan calon pembeli. Oleh karenanya, dibutuhkan pertimbangan yang matang sebelum Anda dapat menentukan lokasi usaha Anda. Apabila, Anda belum menemukan lokasi yang strategis, maka ada baiknya Anda mempertimbangkan ke 5 hal berikut ini.

1. Akses yang Mudah Terlihat

Salah satu faktor penting yang menentukan kestrategisan lokasi Anda yaitu akses ke toko Anda. Hal ini penting Anda ketahui agar toko Anda dapat dengan mudah terlihat dan diakses dari berbagai penjuru. Oleh karenanya, pastikan Anda memilih lokasi yang banyak orang berlalu lalang.

2. Kepadatan Penduduk

Kepadatan penduduk yang tinggi tentunya memiliki potensi pasar yang tinggi pula. Oleh karenanya, jika Anda menginginkan omzet yang besar, carilah lokasi dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

3. Besar Pendapatan Masyarakat di Sekitar Lokasi

Faktor yang tak kalah pentingnya adalah besarnya pendapatan di sekitar lokasi. Dengan semakin besar tingkat pendapatannya, maka semakin besar pulalah daya belinya. Hal ini menjadi semakin penting jika Anda hendak menjual barang dengan harga relatif tinggi. Akan tetapi, bila barang yang dijual relatif murah, maka besar pendapatan tidak terlalu menjadi masalah.

4. Banyaknya Usaha yang Mendukung Lokasi Tersebut

Semakin ramai usaha di lokasi tersebut, maka semakin banyak pula calon pembeli yang tertarik untuk datang ke lokasi Anda. Hal ini dikarenakan pembeli semakin memiliki banyak pilihan, contohnya beberapa pusat perbelanjaan, seperti ITC mangga 2, harco, pasar tanah abang, dll., selalu ramai dikunjungi pembeli.

5. Lokasi Usaha Tingkat Kompetisi Rendah

Sebaiknya hindari lokasi yang sudah memiliki banyak usaha sejenis dengan usaha Anda. Lokasi yang terlampau memiliki banyak usaha sejenis memungkinkan terjadinya perang harga besar-besaran yang berarti mengurangi keuntungan dari omzet Anda. Selain itu, Anda juga akan dituntut untuk terus melakukan inovasi besar-besaran secara terus menerus untuk membedakan Anda dari usaha lain yang sejenis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here