4 Tips Meningkatkan Nilai Appraisal Rumah

0
752
https://masterinvestor.co.uk/wp-content/uploads/2016/03/up-800x475.jpg

Apabila Anda berkeinginan untuk meningkatkan nilai jual rumah, maka ada baiknya jika Anda memperhatikan nilai appraisal rumah Anda. Semakin tinggi nilai appraisal rumah, maka semakin tinggi pula lah nilai jualnya.

Apa itu nilai appraisal? Dalam bahasa perbankan, appraisal rumah digunakan sebagai dasar memutuskan besarnya jumlah pembiayaan kredit terhadap rumah yang dijadikan jaminan. Nilai Appraisal rumah juga dapat diartikan sebagai proses penilaian aset rumah oleh bank untuk mengetahui nilai KPR rumah tersebut.

Oleh karenanya, bila Anda ingin menaikkan nilai jual rumah atau mendapatkan uang jaminan yang lebih tinggi, terapkan beberapa tips berikut.

https://blog.duitpintar.com/wp-content/uploads/2017/01/Mau-Investasi-Properti–350×184.jpg

  1. Renovasi

Renovasi yang berdampak besar bagi nilai appraisal Anda tidaklah harus selalu renovasi besar. Nyatanya, melalukan renovasi kecil seperti memperluas halaman kering, menambah kanopi di carport, menambah atap, menambah bangunan untuk jemuran, atau membangun pagar dapat menambah nilai appraisal rumah Anda. Intinya, Anda harus melakukan renovasi yang mengesankan penambahan luas bangunan.

  1. Daftarkan Penambahan Luas

Setelah melakukan renovasi, ada baiknya Anda mendaftarkan hasil renovasi tersebut ke KIMPRASWIL atau kantor perizinan SATU ATAP setempat. Setiap perubahan rumah yang didaftarkan akan dihitung sebagai kesatuan luasan bangunan rumah. Dengan bertambahnya luas bangunan, maka bertambah pulalah nilai jualnya.

  1. Lengkapi Dengan Harga Pembanding

Cari informasi mengenai harga pasaran bangunan di daerah Anda. Dengan mengetahui harga bangunan di daerah tersebut, Anda dapat menggunakannya sebagai data untuk meningkatkan nilai Appraisal rumah Anda. Contohnya, Anda dapat menggunakan PPJB (perjanjian pendahuluan jual beli) ataupun salinan akta jual beli dari notaris, kemudian Anda tambahkan 25% per tahun sebagai asumsi kenaikan harga properti setiap tahunnya.

  1. Tambah Fungsi Komersial Rumah Anda

Menambah fungsi komersial rumah maksudnya adalah dengan menambah unsur bisnis ke dalam rumah Anda. Misalnya, membuat warung, butik, atau tempat sewa mobil di rumah Anda. Meskipun, hal ini tidak menambah nilai rumah Anda, namun ini akan memberikan dampak yang cukup besar dalam hal mendapatkan pinjaman dari bank. Hal ini dikarenakan, pihak bank menganggap Anda memiliki kemampuan yang lebih besar dalam hal membayar cicilan.

Dengan meningkatkan nilai appraisal rumah Anda, maka Anda telah siap untuk menaikkan nilai jual rumah ataupun mengajukan pinjaman dari bank yang lebih tinggi. Selamat Mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here