3 Tips Memilih Gudang dalam Berbisnis

0
509
memilih gudang
Sumber: http://3pl.co.id/wp-content/uploads/2016/12/IMG_0020.jpg

Dalam berbisnis terkadang Anda membutuhkan gudang sebagai tempat penyimpanan produk Anda. Terlebih jika bisnis Anda sedang berkembang dan sedang ekspansi ke arah yang lebih besar, maka memilih gudang menjadi salah satu faktor terpenting dalam dunia usaha Anda. Bila Anda hendak membeli atau menyewa gudang, setidaknya terdapat 3 hal yang perlu Anda ketahui, sebegai berikut:

  1. Ukuran Gudang

Besarnya jumlah gudang menjadi salah satu faktor penting yang perlu Anda pertimbangkan. Dengan luas yang memadai Anda tentunya akan memiliki sebuah tipe investasi yang menguntungkan di masa mendatang. Oleh karenanya, pertimbangkan juga gambaran masa depan Anda, dengan memiliki setidaknya sedikit gambaran atau rencana, maka Anda pun memiliki gambaran akan luas gudang Anda.

Untuk membantu Anda menentukan luas bangunan gudang. Maka, terdapat 2 hal penting yang perlu Anda perhatikan, yaitu fungsi gudang sebagai tempat pendistribusian dan tempat penyimpanan. Bila fungsinya sebagai tempat pendistribusian maka Anda tidak memerlukan tempat yang terlalu luas. Sebaliknya, bila fungsinya sebagai tempat penyimpanan maka Anda memerlukan tempat yang cukup luas.

  1. Akses kendaraan dan Area parkir

Yang kedua adalah lokasi gudang Anda, sebaiknya pilihlah gudang dengan lokasi jalan yang mulus serta mudah dijangkau. Mungkin banyak orang yang menyepelehkan lokasi gudang, padahal lokasi yang mudah dijangkau memberikan nilai lebih bagi properti tersebut di masa yang akan datang. Selain itu tak banyak yang menyadari bahwa area parkir juga menjadi salah satu faktor yang penting. Area parkir yang luas sangatlah penting apabila Anda membutuhkan banyak kendaraan untuk mengangkut barang Anda. Dapat Anda bayangkan betapa repotnya Anda, apabila kapasitas parkir dan jumlah kendaraan tidak memadai.

  1. Fasilitas atau Fitur Tambahan

Meskipun fungsi utama gudang adalah sebagai tempat penyimpanan, akan tetapi fasilitas lain yang ditawarkan tentunya perlu Anda pertimbangkan. Misalnya saja, Anda mungkin butuh toilet, area rapat, atau bahkan dapur. Fasilitas ini tentunya perlu Anda pertimbangkan ketika memilih gudang. Oleh karenanya, penting sekali untuk mengenali kebutuhan Anda sebagai pengusaha sebelum Anda memutuskan membeli gudang.

Semoga dengan memerhatikan 3 hal di atas, Anda dapat meningkatkan dan mengembangkan bisnis Anda dengan lebih baik lagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here